Tuesday 30 June 2015

Mengenal Gejala campak (Rubeola) yang Disebabkan oleh Virus dan Cara Mencegah dan Mengobatinya


Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus dan sering menyerang anak-anak adalah Rubeola. Rubeola atau yang kita kenal dengan nama campak merupakan penyakit saluran pernapasan dan tenggorokan yang disebabkan oleh virus. Penularan penyakit ini sangatlah mudah karena dengan hanya bersin atau membuang ingus virus ini bisa menuar pada orang lain. Orang yang mengalami gejala batuk, demam, hidung meler dan ruam-ruam pada kulit berarti itu menandakan gejala penyakit Rubeola. Jika tidak segera mendapatkan perawatan, maka itu bisa mengakibatkan komplikasi seperti infeksi telinga encephalitis dan pneumonia.

Orang selalu salah mengartikan antara rubeola, roseola dan rubella. Kalau rubeola atau campak ditandakan dengan bintik-bintik merah yang menyebar dari kulit kepala sampai kaki. Roseola merupakan penyakit yang hanya menginfeksi balita yang terjadi di paha yang menyebar ke lengan atas. Sedangkan rubella yaitu gejalanya mirip dengan rubeola.

Gejala awal penyakit yang disebabkan oleh virus ini  yaitu seperti demam, tenggorokan kering, batuk dan hidung meler mirip seperti terkena flu. Kondisi tersebut terjadi dalam waktu 7 – 14 hari setelah terinfeksi. Kemudian 3-5 hari selanjutnya akan timbul bintik kecoklatan yang menyebar dari kulit kepala sampai telapak kaki. Setelah anda melihat gejala penyakit campak pada hari ke 2-3, maka anda akan menemukan titik-titik kecil di mulut dan leher dengan warna merah dan putih di tengahnya yang disebut dengan bintik Kopliks. Bintik kopliks ini biasanya akan menghilang setelah gejala-gejala penyebab campak menghilang.

Ruam yang berwarna bintik merah kecoklatan akan muncul diawali dari wajah lalu turun ke badan dan ke kaki dalam beberapa hari. bintik merah kecoklatan tersebut akan menutupi seluruh tubuh, tapi jangan khawatir binti-bintik ini akan hilang dalam beberapa hari. cara untuk mengobati penyakit campak dan rubella yaitu dengan pemberian vaksin, jika vaksin tersebut diberikan setelah terlihat gejalanya maka penyebaran penyakit ini bisa dihindarkan. Saran untuk penderita campak yaitu dengan beristirahat dan mengisolasi diri, juga banyak minum cairan.

Gejala-gejala campak yang anda alami akan menghilang dengan sendirinya seperti awal dia berkembang. bintik-bintik kecil tersebut mungkin akan meninggalkan noda di kulit, namun meski begitu anda atau anak anda akan merasa lebih baik dan sehat seperti sedia kala.



No comments:

Post a Comment