Monday 10 August 2015

Mencuci Tangan Pakai Sabun Dapat Mencegah Gejala Tipes


Mencuci tangan pakai sabun merupakan kebiasaan baik yang harus ditanamkan sejak dini di keluarga kita. Perilaku mencuci tangan pakai sabun ini seringkali dianggap sebagai sesuatu yang sepele sehingga banyak orang yang masih mengabaikannya. Padahal sebenarnya perilaku ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita dan dapat menghindarkan dari berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit, seperti bakteri salmonella thyphi yang merupakan bakteri penyebab tipes. Ketika seseorang terkena gejala tipes, maka harus segera diberikan penanganan yang tepat dengan dibawa ke dokter agar cepat membaik. Kebiasaan mencuci tangan pakai sabun ini ditetapkan pula oleh PBB dengan diperingati setiap tanggal 15 oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS). Penetapan ini didasarkan untuk menekan angka kematian balita dan sebagai langkah pencegahan terhadap penyakit yang berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia. Berdasarkan data, lebih dari 5000 anak balita penderita diare meninggal setiap harinya di seluruh dunia yang diakibatkan kurangnya fasilitas air bersih dan sanitasi. Hal ini dapat dikurangi dengan sebuah kebiasaan sederhana, yaitu dengan rajin mencuci tangan pakai sabun.

Mencuci tangan dengan sabun sangat efektif untuk mencegah penyakit. Hal ini dikarenakan tangan merupakan agen utama yang membawa kuman penyebab patogen berpindah dari orang yang satu pada orang yang lain, baik secara langsung ataupun kontak tidak langsung menggunakan permukaan-permukaan lain seperti gelas, handuk, dan lain-lain. ketika anda berkativitas, maka tangan sangat aktif menyentuh berbagai benda yang terdapat kuman dan bakteri di dalamnya, jika tangan tidak dicuci dengan sabun dan air mengalir maka tangan hanya akan memindahkan bakteri penyebab penyakit pada orang lain. kebanyakan orang malas mencuci tangan dengan sabun karena membutuhkan waktu lebih lama ketimbang mencuci tangan dengan air saja. Padahal mencuci tangan dengan sabun menjadi sangat efektif karena lemak dan kotoran yang menempel di tangan akan terlepas ketika tangan digosok dan bergesek sebagai upaya melepaskannya.

Kuman dan bakteri seperti bakteri salmonella thyphi penyebab gejala tipes biasanya menempel pada lemak dan kotoran yang tidak terlepas saat tangan hanya dicuci dengan air saja. Selain dapat menghilangkan kuman dan bakteri penyebab penyakit, efek lainnya adalah tangan menjadi harum setelah dicuci dengan sabun, hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk melakukannya.




No comments:

Post a Comment