Monday 8 June 2015

Beberapa Jenis Penyakit yang Disebabkan oleh Virus




Virus merupakan suatu parasit yang berukuran kecil (mikroskopik) yang menginfeksi sel organisme hidup. Virus hidup dengan cara bereproduksi pada material hidup, atau dengan kata lain disebut parasit obligat. Hal ini dilakukan dengan cara menginvasi serta menggunakan sel makhluk hidup untuk bereproduksi karena tubuh virus tidak memiliki kelengkapan untuk melakukan reproduksi sendiri. Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan olehvirus:

1.      Common Influenza atau Flu
Virus penyebab penyakit ini adalah virus influenza. Penyebaran penyakit flu sangat cepat, media penyebarannya adalah udara. Gejala yang timbul karena penyakit flu adalah pilek, pusing, demam, bersin-bersin, hidung mampet, batuk kering maupun batuk berdahak. 
2.      Cacar Air
Virus cacar air bernama virus varicella-zoster. Penyakit cacar air biasanya menyerang satu kali seumur hidup. Gejala penyakit ini antara lain demam, pilek, lemah, letih, lesu lalu muncul ruam kemerahan di kulit yang berisi cairan. Biasanya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Sebaiknya penderita jangan memecah cacar air, karena akan meninggalkan bekas luka.
3.      Herpes
Penyebab penyakit ini adalah virus herpes simpleks. Penyakit ini umumnya menyerang kulit dan alat kelamin (herpes genital). Penularan penyakit ini melalui kontak langsung, melalui bersin atau batuk maupun pakaian yang terkena cairan herpes.
4.      Polio
Penyakit yang disebabkan oleh virus lainnya adalah polio yang disebabkan oleh polivirus. Penyakit ini menyebabkan kelumpuhan pada penderita, terutama kaki. Virus penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan permanen hanya dalam hitungan jam. Bayi usia 3 sampai 5 tahun rentan untuk terserang penyakit ini.

No comments:

Post a Comment